BERDOA YANG TAK TERHINGGA.........!

Selalu bersyukur dengan apa yang kita dapat
                    Dalam Qur'an cinta memiliki 8 pengertian berikut ini penjelasannya:

1. Cinta Mawaddah
·         Cinta mawaddah adalah jenis cinta mengebu-gebu, membara dan "nggemesi". Orang yang memiliki cinta jenis mawaddah, maunya selalu berdua, enggan berpisah dan selalu ingin memuaskan dahaga cintanya. Ia ingin memonopoli cintanya, dan hampir tak bisa berfikir lain.


2. Cinta rahmah
Cinta rahmah adalah jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut, siap berkorban, dan siap melindungi. Orang yang memiliki cinta jenis rahmah ini lebih memperhatikan orang yang dicintainya dibanding terhadap diri sendiri. Baginya yang penting adalah kebahagiaan sang kekasih meski untuk itu ia harus menderita. Ia sangat memaklumi kekurangan kekasihnya dan selalu memaafkan kesalahan kekasihnya.Termasuk dalam cinta rahmah adalah cinta antar  orang yang bertalian darah, terutama cinta orang tua terhadap anaknya, dan sebaliknya. Dari itu maka dalam al Qur'an , kerabat disebut al arham, dzawi al arham , yakni orang-orang yang memiliki hubungan kasih sayang secara fitri, yang berasal dari garba kasih sayang  ibu, disebut rahim (dari kata rahmah). Sejak janin seorang anak sudah diliputi oleh suasana psikologis kasih sayang dalam satu ruang yang disebut rahim. Selanjutnya diantara orang-orang yang memiliki hubungan darahdianjurkan untuk selalu bersilaturrahim, atau silaturrahmi artinya menyambung tali kasih sayang. Suami isteri yang diikat oleh cinta mawaddah dan rahmah sekaligus biasanya saling setia lahir batin-dunia akhirat.

3. Cinta mail
Cinta mail, adalah jenis cinta yang untuk sementara sangat membara, sehingga menyedot seluruh perhatian hingga hal-hal lain cenderung dalam konteks orang poligami dimana ketika sedang jatuh cinta kep kurang diperhatikan.

4. Cinta syaghaf
Cinta syaghaf. Adalah cinta yang sangat mendalam, alami, yang muda (an tamilu kulla al mail), cenderung mengabaikan kepada yan grisinil dan memabukkan. Orang yang terserang cinta jenis syaghaf (qad tak menyadari apa yang dilakukan. Al Qur'an menggunakan term syaghafk syaghafaha hubba) bisa seperti orang gila, lupa diri dan hampir-hampir etika mengkisahkan bagaimana cintanya Zulaikha.

5. Cinta ra'fah
Cinta ra'fah, yaitu rasa kasih yang dalam hingga mengalahkan norma-norma kebenaran, misalnya kasihan kepadanya, membangunkannya untuk salat, membelanya meskipun salah. Al Qur'an menyebut term ini ketika mengingatkan agar janganlah cinta ra`fah menyebabkan orang tidak menegakkan hukum Allah, dalam hal ini kasus hukuman bagi pezina (Q/24:2). gambaran cinta yang apinya berada di dalam hati sang pecinta, hurqat

6. Cinta shobwah
Cinta shobwah, yaitu cinta buta, cinta yang mendorong perilaku penyimpang tanpa sanggup mengelak. Al Qur'an menyebut term ni ketika mengkisahkan bagaimana Nabi Yusuf berdoa agar dipisahkan dengan Zulaikha yang setiap hari menggodanya (mohon dimasukkan penjara saja), sebab jika tidak, lama kelamaan Yusuf tergelincir juga dalam perbuatan bodoh, wa illa tashrif `anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun min al jahilin (Q/12:33)

7. Cinta syauq (rindu)
Cinta syauq (rindu). Term ini bukan dari al Qur'an tetapi dari hadis yang menafsirkan al Qur'an. Dalam surat al `Ankabut ayat 5 dikatakan bahwa barangsiapa rindu berjumpa Allah pasti waktunya akan tiba.  Kalimat kerinduan ini kemudian diungkapkan dalam doa ma'tsur dari hadis riwayat Ahmad; wa as'aluka ladzzata an nadzori  ila wajhikawa as syauqa ila liqa'ika, aku mohon dapat merasakan nikmatnya memandang wajah Mu dan nikmatnya kerinduan untuk berjumpa dengan Mu. Menurut Ibn al Qayyim al Jauzi dalam kitab Raudlat al Muhibbin wa Nuzhat al Musytaqin, Syauq (rindu) adalah pengembaraan hati kepada sang kekasih (safar al qalb ila al mahbub),dan ko al mahabbah wa iltihab naruha fi qalb al muhibbi

8. Cinta kulfah.
Cinta kulfah. yakni perasaan cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positip, seperti orang tua yang menyuruh anaknya menyapu, membersihkan kamar sendiri, meski ada pembantu. Jenis cinta ini disebut al Qur'an ketika  menyatakan bahwa Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya, la yukallifullah nafsan illa wus`aha (Q/2:286)





 LULUHKAN HATIKU YA ALLAH
Ya Rabb...
Cintaku karnaMu,
Sayangku karnaMU,
Hidupku karnaMu,
Cintanya karnaMu,
Sayangnya karnaMU,
Hidupnya karnaMu,

Ya Rabb...
Aku ingin sekali memiliki ciptaanMu ini,
Menjadi teman hidup ku di bumi,
Menjadi bidadariku di surga nanti,

Ya Rabb...
Tali yang tak terlihat ini..
Ikatkanlah dalam jari tangan kami..
Goreskan syahadat dalam hati kami..
Jalani sunah penghulu kami..

Ya Rabb...
KegunganMu yang maha tinggi..
Sang penguasa alam raya ini..
Satukan kami dalam ikatan suci..
Penuh cintaMu yang hakiki.
Ya Rabb...
Temukan kami dalam ruang syar'i..
Gandengkan kami dalam pelukan islami..
Telaga cinta hanyutkan kami...
Selamatkan dengan cinta hakiki..

Ya Rabb...
Kumohon pelihara hatiku serta hatinya dari kelalaian duniawi..
Biarkan hati kami sentiasa berada dekat denganMU..
Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sistem informasi manajement

tugas sistem informasi management

OBJEK OBJEK PADA VISUAL BASIC